Mercedes-Benz Vision CLS
Tampilan Baru Mobil Mewah Bermesin Diesel
Ist
Mercedes-Benz Vision CLS
Stuttgart – Lagi-lagi Mercedes-Benz AG Jerman menampilkan kekuatan di segmen pasar mobil premium. Kali ini yang ditampilkan adalah Vision CLS, sedan unik hasil “perkawinan” antara coupe dan saloon dengan 4 pintu. Model ini yang memiliki garis-garis elegan dengan mengedepankan karakteristik dari maha karya dalam soal keamanan, inovasi dan kenyamanan. Vision CLS tak menggunakan mesin bensin, tetapi mesin diesel yang bertenaga.
Gambaran paling mengagumkan di ajang otomotif tahun ini muncul melalui hadirnya mobil Vision CLS Coupe 4 pintu. Ini hasil studi terbaru yang dipresentasikan Mercedes-Benz di Frankfurt International Motor Show (IAA) belum lama ini.
“Sejumlah besar pengemudi yang disurvai oleh kami ternyata begitu antusias terhadap mobil coupe 4-pintu. Kami begitu ngototnya dalam ide untuk konsep kendaraan inovatif ini, dan mendahulukan Mercedes-Benz CLS-Class yang terbaru ini menuju tahapan produksi,” ujar Professor Jürgen Hubbert, anggota dewan direksi DaimlerChrysler AG dan pimpinan Mercedes Car Group di Stuttgart.
Kendaraan 4 pintu ini jelas memberi penawaran terbaik yang memiliki nilai tambah berlebih dibandingkan mobil sejenis lain. Pada tahun ini, pabrikan yang berbasis di Stuttgart mencurahkan segenap konsep dan inspirasi kendaraan terbaru, yang sebagian besar akan memasuki tahapan produksi sebagai seri mobil terbaru. Contoh kesuksesan ini termasuk antara lain A-Class, M-Class, SLK Roadster, SLR-McLaren, dan Grand Sports Tourer masa depan.
Vision CLS diklaim pabriknya mampu mengeluarkan tenaga sampai 195 kW atau 265 hp. Sebagai sedan elok yang berbahan bakar solar, mengendarainya pasti memberikan pengalaman hebat. Akselerasinya tak kalah dengan mobil sport. Menurut catatan, dari 0 sampai dengan 100 km/jam, Vision CLS membukukan waktu hanya 6,4 detik.
Sudah tentu ini karena mobil ini mengusung mesin ultra modern, 6 silinder biturbo yang mampu memacunya secepat kilat. Vision CLS dapat digeber lebih dari 250km/jam, tapi sayangnya kecepatan dibatasi secara elektronik. Lalu bagaimana pemakaian bahan bakarnya. Menurut data dari pihak Mercedes-Bens, lumayan hemat sebab untuk untuk jarak 100 km hanya menghabiskan 7,5 liter.
Mercedes-Benz menerapkan berbagai inovasi dalam kendaraan terbaru ini. Tenaga disalurkan melalui transmisi 7G-Tronic 7 speed auto sehingga torsi sebesar 560 Nm dapat mengalir sempurna. Juga standar keamanan untuk kendaraan mewah, di antaranya airbags depan, windowbags dan sidebags serta sabuk pengaman tensioner dan belt force limiters. Lampu depan aktif, lampu sein dan sistem pengereman elektronik dengan sensotronik (Senso-tronic Brake Control, SBC).
Vision CLK dilengkapi ban berukuran 255/35R-19 depan dan belakang 285/30 R-19 yang membuatnya mampu melaju mantap di aspal. Soal kenyamanan yang prima berkat dukungan suspensi depan dan belakang yang memakai Airmatic DC.
SLR Mc Laren
Satu lagi teknologi puncak dunia sport otomotif berhasil diukir Mercedes-Benz AG Jerman yang pada musim gugur lalu meluncurkan Mercedes-Benz SLR McLaren yang mengusung teknologi Formula1.
SLR, julukan populer untuk kelas ini adalah mobil sport dengan reputasi terbaik yang dimiliki Mercedes sejak pertama diluncurkan tahun 1955. Kini 48 tahun kemudian, SLR generasi terbaru diproduksi Mercedez-Benz AG dengan kecanggihan teknologi McLaren Mercedes Formula 1 ”Silver Arrows” tanpa melupakan desain orisinal SLR.
Model terbaru SLR ini menjembatani masa lalu dan masa depan. Teknologi balap mobil di sirkuit dunia kini diwujudkan ke jalan raya, dengan inspirasi yang sama saat SLR Coupi diluncurkan 1955. Mobil sport terbaru ini semakin mengangkat nama Mercedes-Benz dan mitranya McLaren sebagai dua perusahaan dengan reputasi tinggi di dunia teknologi industri mobil sport yang sukses di arena Formula-1.
Desain mobil sport Mercedes-Benz SLR McLaren hebatnya mencakup semua aspek kenyamanan, kecepatan, dan keamanan penumpang yang dilakukan secermat mungkin. Walhasil menghasilan kendaraan yang mempesona dari segi penampilan dan performa.
Selain mengusung mesin canggih, material sasis dam rem memakai bahan carbon-fibre dan ceramic dengan high-tech. Salah satu contoh transfer teknologi Formula-1 ke mobil sport adalah dipakainya fiber karbon untuk konstruksi sasis dan rangka yang butuh teknologi yang amat rumit (sophisticated).
Tingkat kekuatan dan kekokohan sasis mobil jalan raya yang belum pernah bisa dicapai kini dapat diaplikasikan dengan adopsi teknologi F-1. Struktur sasis serat karbon yang baru pada kendaraan ini ternyata mampu memberi standar baru pembuatan mobil sport dari aspek ketahanan terhadap benturan dan penyerapan energi.
Sistem remnya yang baru juga dibuat dari bahan inovasi terbaru dari bahan composite material yaitu Fibre-reinforced ceramics yang tahan panas yang ekstrem serta tahan lama. Mesin yang memakai V8 yang dikembangkan Mercedes-AMG dilengkapi teknologi supercharger yang mampu memberi torsi dan tenaga yang hebat. Setiap mesin di mobil SLR ini dibuat dengan tangan (manual) untuk mencapai akurasi maksimal.
(SH/john j sinyal/gatot irawan)